WELCOME TO RIRIN BLOG
Myhafiezers

Senin, 29 April 2013

BUDAYA INDONESIA


BUDAYA INDONESIA
           
Indonesia adalah merupakan salah satu Negara di asia tenggara yang memilki suku  dan budaya yang kaya, budaya tersebut berada di setiap daerah dari sabang sampai merauke. Budaya-budaya tersebut lahir dari adat istiadat di masing daerah yang berkembang. Keanekaragaman adat istiadat tersebut terdapat sedemikian banyaknya daerah yang memiliki suku  masyarakatnya sendiri. Hal inilah yang membuat budaya itu sendiri pun menjadi sedemikian banyak.
Setiap  daerah memiliki budaya yang memiliki cirri khas masing-masing, sehingga hamper setiap budaya tidak ada yang sama. Perbedaan budaya tersebut menjadi sebuah kekayaan yang tiada harganya bagi kita rakyat Indonesia. Umumnya budaya  tersebut akan mencerminkan kebiasaan, cara hisup dan norma peraturan adat yang berlaku. Seperti masyarakat Sulawesi yang meletakkan jenajah oeang yang sudah mati di dalam gua diatas bukit.




 
Seperti di tanah toraja misalny, terdapat sebuah upacara adat yang akan memotong seekor kerbau, kerbau yang akan di pilih untuk di potong adalah kerbau terbaik yang harganya tentu sangat mahal. Budaya menari tor-tor misalnya, budaya ini berasal dari Sumatra utara yang akan melakukan tarian tor-tor tersebut pada acara perayaan-perayaan adat maupun acara antar sesame keluarga.
          Budaya ini adalah merupakan warisan masyarakat Indonesia kepada pemuda  sebagai penerus bangsa. Kit semua memiliki tanggung jawab yang sama dalam menjaga dan melestarika budaya tersebut, sebagai bukti cinta tanah air kita. Mrilah kita bersama-sama melestarikan budaya dan adat istiadat yang menjadi salah satu kekayaan bangsa Indonesia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar